Posted by : Unknown Tuesday, December 26, 2017


Seperti telah kita baca pada artikel saya yang berjudul 10 Pikiran Negatif yang merusak pikiran. Banyak juga yang bertanya-tanya contoh lain dari Pikiran negatif. Sebenarnya banyak sekali pikiran negatif yang tidak bermanfaat. Bisa merusak suasana hati, membuat kehilangan motivasi, putus asa ataupun bisa menyebabkan masalah baru lainnya.

Berikut beberapa pikiran negatif yang perlu dihindari :

1.Terlalu Perasa
Memiliki pikiran yang perasa itu baik namun jika kita terlalu perasa itu bisa kurang bagus. Karena menyebabkan kita terlalu sensitif terhadap ucapan, tindakan dan prilaku orang lain yang menurut kita bisa melukai kita. padahal bisa jadi itu hanya perasaan dan prasangka kita saja. Kalau bahasa gaulnya terlalu baper.

2.Mudah Berprasangka
Banyak hal terjadi dalam keseharian kita. Namun menjaga prasangka  positif terhadap sesuatu itu sangat penting. Berprasangka buruk terhadap banyak hal membuat pikiran jadi gelisah, khawatir dan bisa menyebabkan stress. Oleh sebab itu berusaha mengambil hal positif terhadap sesuatu itu penting dan harus dibiasakan.  Namun tetap saja dalam konteks tertentu harus berhati-hati, misalnya pada hal-hal yang rentan terhadap penipuan.

3.Selalu Menilai dan Menghakimi
Dalam sehari-hari kita tidak bisa tidak berinteraksi dengan banyak orang. Kemampuan menilai dan mengenali lawan interaksi kita itu penting dalam melakukan komunikasi. Agar komunikasi bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan kedua pihak. 

Namun adakalanya dalam pergaulan kita terlalu mudah melabeli seseorang dengan penilaian tertentu. Misal kita menilai seseorang itu sombong, angkuh, pelit, jahat ataupun penilaian negatif lainnya. Sayangya penilaian kita terkadang tidak obyektif dan hanya berdasarkan pengamatan di atas permukaan saja. Kita acapkali berucap bahwa ternyata seseorang tidak seperti yang kita sangka setelah kita akrab dan mengenal langsung kepribadiannya.

Meskipun seseorang memang sesuai dengan penilaian kita. Anggap saja itu informasi yang berharga sebagai petunjuk kita dalam berhubungan dengannya. Bukan penilaian mutlak. Karena seiring waktu seseorang bisa saja menjadi jauh lebih baik.

4.Mudah Putus Asa
Tidak ada yang lebih buruk selain memiliki pikiran yang lemah dan mudah putus asa. Karena kelemahan pikiran ini membuat kita selalu berada dalam pikiran yang prustasi dan rentan stress. Ingatlah jika kita mengalami kebuntuan dalam melakukan sesuatu. Rehatlah sejenak, rilekskan pikiran, cari inspirasi dan motivasi baru. Bertanyalah kepada yang lebih ahli. Intinya jangan memaksakan pikiran yang sedang ruwet.

Leave a Reply

Silahkan berkomentar..

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

JUAL KAOS KEREN

Popular Post

- Copyright © Handi Yan Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -