Membuat Website Sendiri



Halo rekan-rekan netter, sesuai judulnya hari ini saya ingin berbagi bagaimana cara membuat website sendiri. Tentunya anda akan memiliki kepuasan sendiri jika bisa membuat sendiri website anda. Kita akan bangga jika kita bisa menghasilkan sendiri website kita.

Ada beberapa cara membuat website, diantaranya menggunakan CMS terbaik saat ini yakni Wordpress. Untuk menggunakan wordpress teman-teman bisa mendaftar ke wordpress.com. Namun kelemahan dari wordpress yang ini web kita akan ada embel-embel domainkamu.wordpress.com di belakangnya.

Berbeda jika kamu membeli domain dan hosting sendiri kemudian menginstall CMS wordpress di dalamnya. Untuk hosting sendiri beraneka ragam harganya. Dari yang 50 ribu pertahun hingga 50 ribu perbulan. Untuk pemula saya sarankan menggunakan hosting yang tidak terlalu mahal dulu. Tentu kapasitas bandwith dan spacenya tidak terlalu luas namun akan cukup untuk pemula yang baru belajar. Nanti jika ingin lebih serius baru ditingkatkan.

Untuk domain kamu bisa membelinya di rumahweb.com atau cbwebspce.com. Harganya kisaran 95 ribuan saat ini. Namun jika anda ingin membelinya di situs luar anda bisa membeli di godaddy.com yang harganya cukup murah jika sedang ada promo. Namun anda harus menggunakan paypal atau kartu kredit untuk pembayarannya.

Ok, jika sudah membeli domain anda akan ditunjukkan oleh penyedia hositng anda CPanel dimana anda bisa menginstal Wordpress anda. Ada banyak pilihan CMS yang bisa digunakan, namun saran saya gunakan wordpress karena sangat mudah dan memiliki reputasi sebagai CMS blog terbaik di dunia. Bahkan untuk membuat toko online pun anda bisa dengan WP. Anda tinggal membeli theme / template untuk toko online anda.

Jika sudah menginstal anda akan diminta untuk mengisi beberapa kolom seperti database, email, dan nama usser serta passwordnya. Gunakan email anda, karena ussername dan passwordnya akan di kirim ke email anda jadi mudah untuk mengecek jika anda lupa.


Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar..

Popular Posts