7 Elemen Kunci Desain Logo yang Efektif


Logo adalah sebuah symbol yang bisa menyampaikan pesan ke alam bawah sadar manusia. Logo bisa mencerminkan dari sebuah kredibilitas, visi, sejarah ataupun harapan dari individu, organisasi atau perusahaan.

Berikut adalah 7 kunci agar sebuah logo efektif dalam menyampaikan pesannya.

1. Konsisten
Sebuah logo haruslah digunakan secara konsisten dalam waktu tertentu, tidak mudah berganti-ganti agar logo tersebut tersimpan dengan baik ke dalam benak khalayak umum, atau konsumen yang dituju.

2.Mudah di Ingat
Logo yang dibuat hendaknya bisa diingat dengan mudah, misalnya kita akan langsung teringat dengan logo Pertamina, ataupun logo CocaCola karena mudah diingat desainnya. Pembuatan logo yang terlalu ribet, heboh dan berat akan membuat khalayak malas untuk mengingatnya.

3.Mempunyai Makna
Buatlah logo yang memiliki makna, arti yang mencerminkan brand dari sebuah produk atau pun tujuan dan visi dari perusahaan, organisasi yang memilikinya.

4.Unik
Banyak sekali logo di dunia ini, sehingga akan ada kemungkinan untuk membuat logo yang mirip. Namun sebuah logo yang unik atau hanya kita miliki akan membuat logo tersebut mempunyai nilai lebih bagi yang melihatnya sehingga memiliki nilai jual yang lebih.

5.Profesional
Sebuah perusahaan harus memiliki sebuah design yang dibuat secara profesional oleh para ahli yang mempunyai skill design yang baik. Design haruslah bersih dan bisa diaplikasikan ke berbagai media.

6.Color
Warna merupakan unsur penting dari sebuah logo, warna harus lah mempunyai makna dengan visi pemilik logo. Memiliki keseimbangan warna dengan warna lainnya.

7.Skala dan Format
Buatlah dengan skala dan ukuran yang tidak akan berubah kwalitas gambarnya meskipun di aplikasi ke media yang berukuran besar. Gunakanlah format PNG ataupun JPEG. PNG agar desain bisa menyesuaikan dengan background.

itulah tadi 7 elemen kunci yang wajib kita ketahui sebelum membuat sebuah logo untuk bisnis, organisasi kita.




Comments

Popular Posts