Posted by : Unknown Thursday, February 19, 2009


Oleh : Handiyan


Seorang ibu yang tampak tua dan sedang sakit-sakitan. Menenteng jualannya yang berupa makanan kecil dan minuman ringan. Sumber penghidupan keluarganya sehari-hari selama ini. Tampak wajah tuanya yang letih dan sedang menahan perih karena sakit.

Dia datang dari seorang keseorang untuk meminta tolong agar sudi menjualkan barang dagangannya. Karena sakit ia tidak bisa melanjutkan jualannya, namun ia harus tetap berjualan agar anak kecilnya bisa makan pagi ini.


Jalanan demi jalanan ia susuri. Seorang demi seorang, level demi level, karakter demi karakter, semua ia coba untuk meminta tolong. Namun bermacam penolakan pula ia alami. Dari yang secara halus, kasar bahkan sangat kasar, dan ada pula yang seolah-olah tak mendengar dan berlalu diantara kepedihan ibu ini.

Hingga orang yang ke 118, wanita ini menemukan seorang pedagang kecil yang dengan ikhlas, rela menjualkan barang dagangan ibu ini. Padahal dia sendiri adalah seorang yang berkekurangan, dan akan sangat membuang waktu jika ia lakukan hal itu. Namun ia adalah orang miskin yang sudah merasa kaya. Hingga ia tidak perlu takut untuk berbagi lagi. Sungguh Mulia hati ibu ini.

Ia pun menyusuri jalan Malioboro yang sedang diguyur hujan demi rasa ingin berbagi dan menolongnya. Subhanallah…Semoga engkau mendapatkan surga dunia dan akhirat ibu Juwariah.


Ya, betul itu adalah sebuah acara reality show di sebuah televisi swasta yang bernama Minta Tolong… Namun teramat banyak pesan moral, sosial dan banyak pesan lainnya yang tersirat dalam acara ini.

Kadang kita seolah ditelanjangi mentah-mentah, dan mungkin akan tertunduk malu atas apa yang kita lakukan selama ini. Kata “ya” untuk tolong yang kita berikan kepada orang lain terkadang hanya kita berikan, jika itu akan memberikan banyak imbal balik kepada kita, hanya karena merk dan tetek bengek orang yang meminta tolong itu, atau segudang alasan lainnya yang jika itu menguntungkan dan tidak membuat kita rugi. Yang sama sekali bukan karena nilai kasih sayang terhadap kemanusiaan, kepedulian yang ikhlas dan tanpa memandang sebuah asesoris duniawi.

Diacara ini kita bisa melihat sangatlah sedikit akan kita temukan semangat saling berbagi dan membantu sesama. Dan semoga hati kita tergerak untuk membantu orang-orang disekitar kita yang sedang merintih mengharap sesamanya. Untuk membagikan sedikit titipan Tuhan kepada mereka. Amiiien. Salam IndoDamai and Cerdaz.

8 Responses so far.

Leave a Reply

Silahkan berkomentar..

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BIKIN WEBSITE MURAH

Popular Post

Labels

Opini Tips Internet Profil Bisnis Online Psikologi Televisi Tips Just 4 Laugh Kesehatan Tokoh web desain Bloging Cerpen Motivasi Gede Prama Internet Politic Joke. jasa web murah Blogger Dasar Blog SEO software website murah Kisah Sukses NLP Opinion Pendidikan Politik Tips Bisnis Tips Blogging desain internet marketing jasa install wordpress murah online shop Artikel Hypnosis Cara Pembuatan Website Healthy Komputer Mind Slengeean artikel web cloning toko market place dahlan iskan jasa blogspot jasa pembuatan blog profesional landing page logo market place nusapenida tour scrap toko online web murah website penjualan Anak Art Audio CMS. Cendekiawan Chating Cinta DPR RI 2014 Film Filsafat Jiddu Krishnamurti KAMUS KUTAI Kamus Daerah Pemilu 2014 Pendidikan anak Pengembangan Diri Reality Show Riset KW SMS Motivasi Sport Tokoh Investasi Trader Vibrasi alam alat berat android anggota legislatif apilkasi baca buku baca bahasa bahasa Kutai bali explore ban forklift belajar membuat website buat website buku bumi caleg 2014 desa id domain e commerce ebook forex forklift jalan-jalan jasa pembuatan web desa jasa seo jasa web desa jasa web desa kalimantan jasa web desa sulawesi jasa website murah kamus Online Kutai kursus web online kursus wordpress membuat blog caleg membuat blog murah memilih wordpress menu motivasi nama anak negara noorel nusa penida paket nusapenida pembuata web desa kutai kartanegara pembuatan web desa papua permak blog perpustakaan digital desa. pikiran pola hidup pt noorel pt noorel idea puisi religy sastrawan sosmed teknik seo sederhana tour bali tour nusapenida web sales website sales wisata bali

- Copyright © Handi Yan Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -